Saturday, January 7, 2012

SIBARINGIN DIGIGIT ANJING!!!

Di sebuah film yang super keren (entah apa judulnya, ada yang tahu?) yang dimainkan a.l. oleh Christine Hakim, Frans Tumbuan, Menzano dan Marlia Hardi, ada dialog yang gak mau pergi dari ingatan gue:

A: Bungaaaa, Sibaringin didigit anjing!
B: Bilang sama tu anjing. Berani-beraninya gigit orang Batak!

Dengan sepenuh kebanggaan sebagai guru, gue pengen menceritakan satu pengalaman. Gini, ceritanya suatu ketika gue pernah punya murid privat di daerah Kemang Dalam. Ceritanya murid gue itu mau dikirim belajar ama ortunya ke luar negri. Dia musti lancar percakapan dan nilai TOEFL-nya kudu bisa didongkrak--jadi belajarnya kudu digenjot dong. Walhasil tiap pagi buta gue musti nyambangin tuh anak. Gurunya masih ngantuk, muridnya apalagi. Tapi alhamdulillah, gue dianugerahi sedikit kemampuan untuk menghidupkan suasana. Dia sih enjoy aja belajar ama gue. Tapi kadang musti diuprek-uprek dulu sama emaknya.

Suatu pagi, ketika langit cerah, matahari bersinar hangat, si guru yang sumringah ini berjalan sambi bersiul menuju rumah si murid. Maklum, udah minggu keempat.  Waktunya terima honor.  Ehm... Sesampainya di sana, seperti biasa si murid masih pulas. Yang tidak biasa adalah anggota panitia penyambutannya, bukan lagi bokap-nyokap si anak plus adik kecilnya yang keriting dan menggemaskan, tapi anjing! Yak! Tepatnya KELUARGA ANJING. Ada bapak anjing, ibu anjing, dan anak anjing. Sebetulnya mereka lucu-lucu tapi bukan salah si guru yang sumringah ini kalo dia takut anjing kan? Sontak dia LONCAT ke atas meja dan berseru, "Toloooooooong!" Ketika ortu si murid keluar dengan rambut basah (hayo abis ngapain?), si gurupun beringsut turun dari meja.

Adegan penutup sudah bisa ditebak...
Ibu: Aduh, maaf. Biasanya anjingnya dirante. Tadi si Ikem kelupaan.
Guru: Aduh, Bu, saya yang minta maaf. Mudah-mudahan mejanya nggak rusak ya. (Meskipun waktu itu gue belom segendut sekarang, well... it was 25 kilos ago...).
Bapak: Nggak rusak, itu kan meja jati (penting ya?)

2 comments:

  1. Wakaka...bacanya sdh geli, apalagi menyaksikan kejadiannya langsung ya..=))

    ReplyDelete