Sunday, July 17, 2011

Membuat Sendiri Book Trailer di Animoto.com


Sebagai penulis ataupun pekarya dalam dunia penerbitan buku, mau tidak mau kita perlu mempromosikan karya atau setidaknya woro-woro. Dengan maraknya jejaring sosial dan layanan blog, promosi online jadi lebih mudah dan menyenangkan.


Nah, kali ini saya ingin membagikan tips yang baru saja didapat kemarin saat ingin membuat video promosi buku atau istilah kerennya, book trailer. Berkat rekomendasi seorang teman yang cukup paham IT, saya pun meluncur ke situs animoto.com.


Nah, setelah mencoba sana-sini, akhirnya jadilah dua video di bawah:

Hehe, lumayan, kan?


Membuat video di Animoto cukup mudah:
  1. Buat akun dulu, lalu log in.
  2. Pilih template slideshow yang Anda sukai.
  3. Unggah gambar Anda. Animoto memungkinkan Anda menggunakan foto dari Flickr, Facebook, Picasa, SmugMug, Photobucket, atau desktop Anda.
  4. Tambahkan teks jika Anda suka. Jumlah karakternya terbatas, jadi efisienkan kata-kata promosi Anda.
  5. Pilih musik pengiring video. Ungguh musik dari desktop Anda, atau memilih salah satu trek berlisensi di situs (ada ratusan yang tersedia). Lambat dan cepatnya tempo menentukan lambat cepatnya pergantian gambar dalam video. Tips: jika Anda ingin memuat banyak foto, pilih musik bertempo cepat.
  6. Setelah itu, Animoto akan merender video Anda. Hanya dengan menunggu lima menitan, book trailer Anda pun rampung dalam format MP4.
  7. Anda bisa mengunduh atau langsung membagikan di Youtube ataupun jejaring sosial. Jika Anda masih kurang puas dengan hasil video, Anda masih bisa menyuntingnya lagi.

Tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, Anda bisa membuat book trailer berdurasi 30 detik. Terlalu cepat? Benar. Karena itu, jika ingin membuat book trailer yang lebih panjang durasinya, Anda bisa merogoh kocek sebesar $3 untuk tiap video (atau $30 untuk berlangganan tahunan tak terbatas).

Bagaimana dengan saya? Untuk saat ini, saya masih merasa cukup dengan video gratis berdurasi 30 detik

Selamat mencoba,
Happy writing and promoting!

1 comment: