Senin, 02 Januari 2012

Resolusi 2012: Mengembangkan Diri Dengan Teknologi Internet

Saya seorang penulis. Saya menulis buku-buku pelajaran dan tes Bahasa Inggris, menulis lagu-lagu anak dan menerima pesanan lagu, serta menulis cerita anak. Saya merasa selama ini lebih banyak menggunakan teknologi internet untuk pergaulan dan main-main saja, kurang fokus menggunakannya untuk menunjang pekerjaan. Saya harus maksimal menggunakan internet jika ingin ada kemajuan dalam karir kepenulisan saya. Karena itu saya bertekad di tahun 2012 saya harus memanfaatkan teknologi internet sebaik mungkin.

Apa saja yang akan saya lakukan? Sebagai penulis buku pelajaran dan tes, saya akan lebih banyak membaca dan mengunduh kurikulum, silabus, sampel tes, jurnal pendidikan, dan bahan-bahan bacaan lain yang diperlukan untuk memperkaya tulisan saya.

Sebagai penulis lagu saya akan lebih banyak memperdengarkan karya saya di internet. Saya akan lebih rajin menulis lagu dan mengunggah lagu-lagu gubahan saya, baik dalam format audio maupun video klip sederhana. Untuk materi audio, situs yang mungkin akan saya gunakan adalah Fourshared dan Reverbnation. Sedangkan untuk video klip, saya akan memanfaatkan Youtube. Saya juga akan lebih gencar mempromosikan diri sebagai videografer yang menerima order book trailer bagi para penulis yang ingin mempromosikan karyanya.  Untuk menayangkan book trailer tersebut, saya akan menggunakan Youtube. Semoga lebih banyak lagi anak-anak yang bisa menikmati lagu-lagu yang sesuai usianya.

Sebagai penulis cerita, saya akan rutin mengirim naskah ke majalah via internet. Melalui Facebook dan Twitter, saya ingin lebih intens menjalin jejaring dan menjaga silaturahmi baik dengan sesama penulis, editor, penerjemah, maupun ilustrator.  Saya yakin penggunaan internet secara efektif dan efisien akan memungkinkan saya untuk secara maksimal menimba ilmu dan pengalaman dari penulis-penulis senior, serta menjaga silaturahmi dengan pembaca tulisan dan penikmat lagu-lagu saya.

Bagaimana dengan Anda?  Sudahkah Anda menggunakan internet untuk meningkatkan taraf hidup Anda dan orang-orand di sekitar Anda?

15 komentar:

  1. Hidup internet! aku juga ga bakalan bisa hidup tanpa internet. lebay ya? tapi itulah kenyataannya :P

    BalasHapus
  2. kereen euyy Ratih, add blog aku yg baru ya say : www.dcendika.blogspot.com :)

    BalasHapus
  3. Makasyiii... Yang dewicendikazr.blogspot.com/ dah gak aktifkah?

    BalasHapus
  4. Mbak Raatje... blognya bagus... *jadi ngeces, hehe. Makasih linkku udah dipajang di situ, nanti aku pajang link Mbak di blogku ya :)

    Dan... keren banget deh resolusi ini, jadi terinspirasi :D

    BalasHapus
  5. @Erna: Thanks but... Jangan percaya sama "kesan" :D :D :D
    @Selvi: Suwun, Selv. Aku kan terinspirasi blogmu *_^ Asiiik, kita tukeran link yaaa

    BalasHapus
  6. nice.. ikut lombanya juga ah :D

    BalasHapus
  7. @Chilfia: Ayo, ikuuuut *_^
    @Firma GE: Hehehe, smoga gak jadi pepesan kosong. Thanks, dear :)
    @Dhian: Thanks, darling *muah*
    @Mardee: Aamiin. The same prayer goes to you :)

    BalasHapus
  8. Resolusinya bikin terharu :) smg tercapai ya.amin...semangatttt...

    BalasHapus
  9. @Enny: Thanks, dear. Semoga 2012 ini buku solo Enny terbit. Aamiin. Jadi ikutan kelas Ajaib kan?

    BalasHapus